Minggu, 09 Mei 2010

Standar Operasional Prosedur (SOP) rumah sakit dalam menangani pasien

Tugas Softskill Implementasi Sistem Informasi

Nama : Ahmad Junaedi
Npm : 30107096
Kelas : 3 DB 21


Standar Operasional Prosedur (SOP) rumah sakit dalam menangani pasien
Sebuah rumah sakit menyusun standard operating procedure. Setidaknya ada 13 jenis standar yang diperlukan. Di antaranya sbb :

1. Untuk pelayanan medis

2 .Penunjang medis

3. Keperawatan

4. Sumber daya manusia

5. Keuangan dan adminitrasi

6. Pelayanan umum

7. Pemasaran

8. Manajemen infuse

9. Kebersihan

10.Keselamatan kerja

11.Perinasia

12.Kamar bayi

13.Dan penyebaran bahan-bahan berbahaya dari rumah sakit.

Rumah sakit yang tidak memiliki standar seperti ini tidak bisa keluar surat izin sementaranya. Ada pula untuk pelayanan medis bagaimana penerimaan pasien di UGD, penerimaan pasien di poliklinik dan unit rawat jalan, bagaimana menangani pasien di rawat inap. Untuk penunjang medis ada farmasi, laboratorium, radiologi, instalasi medik. Sementara untuk laboratorium medis ada beberapa tindakan, cara memilih kreagen, kesesuaian hasil, ketidaksesuaian hasil bagaimana cara penanganannya
Rumah sakit yang memiliki penyuluhan kesehatan masyarakat rumah sakit (PKMRS) wajib memberitahukan mengenai hak-hak pasien. Di setiap rumah sakit pasti ada tulisan mengenai hak-hak pasien. Untuk itu, diperlukan SOP di setiap rumah sakit, yang setidaknya ada 13 standar itu. Sebagian rumah sakit yang tidak memberitahukan hak-hak pasien biasanya yang diperlukan adalah kepercayaan dokter dengan pasien. begitu pula sebaliknya. Ketika dia menyerahkan jiwa raganya kepada dokter, memang terkadang ada dominasi dari pihak rumah sakit yang kadang membuat pasien menderita. Untuk menghilangkan hal seperti itu, rumah sakit dilatih bagaimana supaya bukan pasien yang membutuhkan kami, tetapi kami yang membutuhkan mereka. Kalau falsafah ini diterapkan, maka tidak akan ada masalah di kemudian hari. Rumah sakit yang memberikan pelayan prima bukanlah mengatur. Seperti yang tertulis di UU Praktik Kedokteran, setiap dokter harus menjunjung tinggi sifat humanitas. Rumah sakit harus menganggap setiap pasien yang datang untuk berobat adalah mitra rumah sakit, karena secara tidak langsung pasien akan mengeluarkan uang untuk menyembuhkan penyakitnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar